Tags

, ,

Menurut wikipedia minuman berenergi adalah sebuah minuman yang digunakan untuk menambah energi seseorang yang mengkonsumsinya. Untuk beberapa orang, minuman berenergi dipergunakan untuk mencegah kantuk, mungkin ketika ngeronda ataupun nonton sebuah pertandingan sepak bola.

Nah itu pengertian minuman berenergi menurut wikipedia, bagaimana menurut BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) Indonesia? Definisi minuman berenergi menurut BPOM Indonesia adalah minuman yang jika diminum dalam jumlah yang wajar sesuai aturan minum perhari maka akan memberikan energi yang tidak kurang dari 300Kkal (KepDirjen POM RI No 02240/B/SK/VII/91), pangan yang dapat memberikan energ minimal 300 Kkal per hari (dari BPOM RI No HK 00.05.52.4321).

Jadi intinya minuman energi itu adalah minuman yang jika diminum akan memberikan tubuh kita energi tambahan yang berasal dari komposisi minuman tersebut. Umumnya diluar negeri khususnya di Amerika Serikat, minuman seperti ini digolongkan kedalam minuman ringan, sedangkan di Indonesia sendiri minuman energi termasuk minuman kesehatan.

Biasanya minuman berenergi dipasarkan dalam betuk botol kecil siap minum seperti kratingdaeng minuman berenergi, akan tetapi di Indonesia, Extra Joss memasarkannya dalam bentuk sachet yang harus dicampur dengan air sebelum dikonsumsi. Selanjutnya beberapa produk domestik pun ikut memasarkan dengan bentuk sachet seperti Kuku Bima Ener-G, dll.

Itulah sedikit penjelasan tentang minuman energi, jika ada salah kata, salah kalimat ataupun salah yang lainnya saya mohon maaf. Terakhir saya ucapkan terimakasih banyak sudah membaca artikel ini.